Selasa, 19 April 2011

Pentingnya Tumbuhan Hijau Bagi Kehidupan Manusia

4/19/2011 02:08:00 AM - By Asih Pujiariani 4

Telah kamu pelajari sebelumnya bahwa fotosintesis pada tumbuhan menghasilkan oksigen dan zat makanan berupa glukosa. Glukosa hasil fotosintesis digunakan tumbuhan untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak, dan sebagai cadangan makanan. Oksigen yang dihasilkan sebagian digunakan tanaman itu sendiri untuk proses respirasi. Sisanya dilepaskan ke udara sehingga dapat dimanfaatkan oleh hewan dan manusia untuk bernapas. Karena kemampuan tumbuhan inilah Oksigen di udara senantiasa tersedia.

Menurutmu apa yang akan terjadi jika tumbuhan di bumi punah?
Ya...semua makhluk hidup juga akan ikut punah karena oksigen di udara akan segera habis, sehingga kita tidak dapat bernapas. Oleh karena itu kita harus senantiasa menjaga kelestarian alam, terutama aneka tumbuhan di sekitar kita. Tanamlah tumbuhan di sekitar tempat tinggalmu! Selain udara menjadi lebih sejuk, keberadaan tumbuhan juga akan memperindah lingkungan. Kita juga harus menjaga kelestarian hutan, karena hutan dapat diibaratkan sebagai paru-paru dunia, yang menjamin ketersediaan oksigen di bumi.


Selain peranan di atas, cadangan makanan yang disimpan tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Cadangan makanan oleh tumbuhan disimpan pada bagian tertentu, yakni:

1. di dalam akar, contohnya : ubi kayu, ubi jalar, talas (keladi), wortel, lobak, bengkuang.
2. di dalam batang, contohnya : tebu, sagu, kentang
3. di dalam buah, contohnya : apel, jeruk, pepaya, nanas, pisang, manggadll.
4. di dalam biji, contohnya : padi, kacang-kacangan.
Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Sebagai bahan pangan
Banyak sekali jenis tumbuhan yang dapat dikonsumsi manusia, dari jagung, padi(beras), kacang kedelai, ubi, bayam, sawi, pepaya, pisang, tunas bambu, dll
Sebagai bahan sandang atau pakaian


Tanaman kapas dapat dimanfaatkan buahnya untuk membuat kain katun.

Sebagai bahan bangunan
Kayu  dan bambu dapat dimanfaatkan manusia untuk membangun rumah.

Sebagai bahan untuk membuat peralatan rumah tangga


Selain dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, kayu, bambu juga rotan dan sabut kelapa dapat diolah menjadi berbagai peralatan rumah tangga seperti kursi, meja, almari, dll.

Sebagai obat-obatan
Tanaman seperti jahe, kunyit, kina, sirih, berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tertentu, sehingga sering dimanfaatkan untuk membuat obat.

Sebagai bahan penyedap
Lada, ketumbar, bawang, juga kunyit dan jahe sering dimanfaatkan untuk memasak makanan karena dapat menyedapkan masakan.

Sebagai bahan penyegar


Tanaman yang bermanfaat sebagai bahan penyegar diantaranya adalah kopi, teh dan coklat. Meminum segelas teh hangat dapat membuat badan kembali segar setelah lelah bekerja.






Sebagai pakan hewan ternak
Daun murbei dapat dimanfaatkan sebagai pakan ulat sutra, rerumputan, daun singkong, daun mahoni, daun nangka dapat dimanfaatkan sebagai pakan kambing atau domba. Dedak  atau jagung dimanfaatkan sebagai pakan unggas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh yang lain?


Banyak sekali manfaat tumbuhan bagi manusia bukan? Mari kita ingat kembali dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!


About the Author

Seorang guru yang ingin berbagi tentang warna warni pembelajaran di kelasnya, berharap bisa bermanfaat untuk banyak orang. Follow me Asih Pujiariani
View all posts by admin →

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

4 komentar :

  1. Makasih atas info blognya :)

    BalasHapus
  2. My pleasure...Thanks 4 visiting

    BalasHapus
  3. Makasih ya bu asih bisa membantu saya untuk meyelasaikan ugas PR IPA

    BalasHapus

Pageview

Media Online





MULTIMEDIA

MULTIMEDIA
Klik gambar ! untuk menuju laman

Sahabat Bu Asih

Powered by Blogger .
back to top