Sabtu, 23 April 2011

Pelapukan

4/23/2011 07:31:00 AM - By Asih Pujiariani 3

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, tanah terbentuk dari batuan yang mengalami pelapukan. Pelapukan merupakan proses alami yang menghancurkan batuan menjadi tanah. Ada tiga jenis faktor penyebab pelapukan yakni faktor fisik, kimiawi dan biologis. Di alam pada umumnya ketiga jenis pelapukan tersebut dapat itu bekerja bersama-sama, namun salah satu di antaranya mungkin lebih dominan dibandingkan dengan lainnya.

Batuan yang mengalami pelapukan
Berdasarkan pada proses yang dominan inilah maka pelapukan batuan dapat dibagi menjadi pelapukan fisik, kimia dan biologis.

Pelapukan batuan oleh tumbuhan lumut
Contoh peristiwa pelapukan:
Pelapukan biologi
Pelapukan biologi merupakan pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup, contoh tumbuhnya lumut. Batu yang ditumbuhi lumut lama kelamaan akan pecah dan hancur. Peristiwa tersebut sering disebut pelapukan biologi.
Lumut disebut tumbuhan perintis karena mampu hidup di lingkungan yang kurang disukai tumbuhan pada umumnya. Asam yang diproduksi tumbuhan ini dapat membuat batu lama-kelamaan hancur.

Pelapukan fisika
Pelapukan fisika merupakan pelapukan yang disebabkan oleh faktor fisika seperti perubahan suhu atau perubahan cuaca, angin, air, dan sebagainya. Sebagai contoh batu kecil yang terus ditetesi oleh air hujan maupun air biasa lama kelamaan akan melapuk dan menjadi tanah.

Pelapukan kimia
Pelapukan jenis merupakan pelapukan yang disebabkan oleh tercampurnya batuan dengan zat - zat kimia . Sebagai contoh, tercampurnya batu oleh limbah pabrik yang mengandung bahan kimia. Contoh lain adalah peristiwa perkaratan. Benda-benda yang terbuat dari besi dapat menjadi keropos dan hancur karena oksigen yang ada di udara, air, atau karena hujan asam.



 Referensi:
-IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V, Penulis : Choiril Azmiyawati, Wigati Hadi Omegawati, dan Rohana Kusumawati
-Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas 5, Penulis : Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono
-Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas V, Penulis : S. Rositawaty dan Aris Muharam
-http://id.wikipedia.org


Coba kita ingat kembali!

1.  Pelapukan yang biologi disebabkan oleh ....
2.  Tiga faktor penyebab pelapukan fisika diantaranya adalah ....
3.  Perkaratan merupakan salah satu contoh peristiwa pelapukan ....
4.  Salah satu contoh peristiwa pelapukan fisika adalah ....
5.  Lumut disebut tumbuhan perintis karena ....

About the Author

Seorang guru yang ingin berbagi tentang warna warni pembelajaran di kelasnya, berharap bisa bermanfaat untuk banyak orang. Follow me Asih Pujiariani
View all posts by admin →

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

3 komentar :

Media Online





MULTIMEDIA

MULTIMEDIA
Klik gambar ! untuk menuju laman

Sahabat Bu Asih

Powered by Blogger .
back to top