Rabu, 20 April 2011

Gaya Grafitasi

4/20/2011 05:05:00 AM - By Asih Pujiariani 2

Apakah Gaya Gravitasi Itu?



Kenapa kalau kita jatuh, pasti jatuhnya ke bawah? atau mengapa jika kita melempar suatu benda ke atas benda tersebut selalu jatuh lagi ke bawah? Kalau kita berjalan, duduk, berdiri, tidur, mengapa semua benda di bumi ini seakan-akan menempel di permukaan bumi/lantai atau tanah? Jawabannya adalah karena adanya suatu gaya yang menarik kita selalu menuju ke bawah.


Gaya yang menarik kita selalu menuju ke bawah itu disebut gaya gravitasi. Gaya gravitasi terdapat pada semua benda. Semakin besar massa/berat benda tersebut, semakin besar pula gaya gravitasi yang ditimbulkannya.


Bumi kita merupakan bola yang sangat besar, sehingga bumi memiliki gaya gravitasi yang besar pula yang dapat menarik segala benda yang berada di dekatnya (rumah, manusia, batu, binatang, bahkan juga bulan dan satelit yang mengelilingi bumi kita). Oleh karena itulah, walaupun kita berada di bagian bawah bola bumi, kita tidak akan jatuh karena ada gaya gravitasi bumi yang arahnya menuju pusat bola bumi. 

Diri kita juga adalah sebuah benda yang memiliki gaya gravitasi. Tapi mengapa pulpen, buku, atau benda-benda kecil di sekeliling kita tidak menempel pada tubuh kita? Ya tentu saja, karena gaya gravitasi tubuh kita kalah oleh gaya gravitasi bumi yang kita diami ini. Lalu mengapa burung, blon udara, pesawat terbang, roket, tidak tertarik oleh gaya gravitasi bumi? Hal itu dikarenakan benda-benda tersebut memiliki gaya lain yang dapat melawan gaya gravitasi, sehingga mereka bisa melayang  pada permukaan bumi.

Sepertihalnya bumi, matahari , bulan, dan planet-planet juga memiliki gaya grafitasi, namun besarnya berbeda-beda. Sebagai contoh, gaya grafitasi di bulan jauh lebih kecil daripada grafitasi bumi, karenanya tubuh kita akan lebih ringan di bulan, karena gaya gravitasi bulan lebih kecil dari gaya gravitasi di bumi. Saking ringannya, dapat membuatmu seakan melayang di udara!
Meskipun kecil, gravitasi bulan terhadap bumi memengaruhi beberapa aktivitas di bumi. Salah satunya adalah pasang-surut air laut.

 Referensi
http://engineeringtown.com
http://www.kidnesia.com

About the Author

Seorang guru yang ingin berbagi tentang warna warni pembelajaran di kelasnya, berharap bisa bermanfaat untuk banyak orang. Follow me Asih Pujiariani
View all posts by admin →

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

2 komentar :

  1. Terima kasih sudah menjadikan website http://engineeringtown.com sebagai referensi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi web kami terus ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas sharing ilmunya...Saya tunggu karya-karya hebat Anda selanjutnya.

      Hapus

Media Online




Pageview

MULTIMEDIA

MULTIMEDIA
Klik gambar ! untuk menuju laman

Sahabat Bu Asih

Powered by Blogger .
back to top