13

Tidak seperti hewan dan manusia, tumbuhan dapat membuat makanan sendiri, sehingga disebut sebagai organisme autotrof. Bagaimana cara tumbuhan membuat makanannya sendiri? Dalam bab ini kita akan membahasnya.

Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dengan cara berfotosintesis. Apakah yang dimaksud dengan fotosintesis? Fotosintesis adalah proses pembentukan bahan – bahan organik seperti gula atau karbohidrat dari bahan – bahan anorganik, seperti karbondioksida dan air dengan bantuan cahaya. Jadi dalam proses fotosintesis, bahan baku yang diperlukan adalah karbondioksida (CO2), air, sedangkan hasilnya adalah glukosa(karbohidrat) dan oksigen.


Proses fotosintesis berlangsung pada tumbuhan yang memiliki zat hijau daun bernama klorofil yang tersimpan dalam kloroplas. Pada proses fotosintesis klorofil berfungsi mengubah energy cahaya menjadi energy kimia. Pada tumbuhan yang berdaun hijau, Klorofil menjadi zat warna yang paling dominan, sedangkan pada tumbuhan yang daunnya tidak berwarna  hijau, klorofil bukan menjadi zat warna atau pigmen yang paling dominan, tetapi tetap memiliki klorofil dengan jumlah yang tidak banyak.

Menurutmu, pada organ bagian tumbuhan manakah proses fotosintesis berlangsung? Proses fotosintesis paling banyak terjadi pada bagian daun. Mengapa? Karena di daun terdapat jaringan yang paling banyak mengandung klorofil yang disebut jaringan parenkim.

Untuk dapat melakukan fotosintesis tumbuhan memerlukan karbondioksida, air dan mineral. Tumbuhan mengambil karbondioksida melalui stomata dari udara. Stomata adalah lubang  yang berfungsi sebagai tempat masuknya karbondioksida dan tempat keluarnya oksigen. Jadi stomata memiliki peranan sebagai tempat pertukaran gas. Stomata juga paling banyak terdapat pada daun bahkan stomata juga disebut dengan istilah "mulut daun"
 









Jika  karbondioksida diambil dari udara, air dan mineral diambil dari dalam tanah. Bahan yang penting ini dibawa melalui jaringan pengangkut. 

Jaringan pengangkut pada tumbuhan terdiri dari xylem dan floem. Floem/phloem pada batang atau akar tumbuhan letaknya di bagian tepi, sedangkan xylem terletak di bagian tengah . Dalam proses fotosintesis xylem mengangkut air dan garam mineral dari akar ke jaringan palisade pada daun, sedangkan floem mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Oleh tumbuhan glukosa yang dihasilkan dari proses ini digunakan untuk pertumbuhan, memperbaiki jaringan yang rusak, untuk berkembangbiak, serta sebagian disimpan di berbagai bagian tanaman sebagai cadangan makanan.

   
Jawablah dengan benar!
  1. Apa saja yang dibutuhkan tanaman agar dapat melakukan proses fotosintesis?
  2. Sebutkan dua zat hasil dari proses fotosintesis!
  3. Apa peranan klorofil dalam proses fotosintesis?
  4. Darimana tumbuhan mendapatkan energi yang diperlukan untuk membuat makanannya?
  5. Apa sajakah manfaat glukosa yang dihasilkan bagi tanaman itu sendiri? 

KUNCI JAWABAN
  1. Air, karbondioksida, cahaya sebagai sumber energi
  2. oksigen dan karbohidrat
  3. untuk menangkap cahaya matahari, dan mengubahnya menjadi energi kimia
  4. dari cahaya matahari
  5. untuk pertumbuhan, memperbaiki jaringan yang rusak, untuk berkembangbiak, serta sebagian disimpan di berbagai bagian tanaman sebagai cadangan makanan.
 Nah... kalau kamu belum bisa menjawab semua soal dengan benar, kamu pelajari kembali proses fotosintesis pada tumbuhan melalui media interaktif berikut! Klik link di bawah ini!

Poskan Komentar

 
Top